Breaking News

Tentang Kami

KANAL73

Mengapa kanal73? Apa itu kanal? Apa arti 73, kenapa bukan 37? Begitulah beberapa pertanyaan yang muncul ketika portal berita "kanal73" mulai diperkenalkan di lingkungan terbatas.

Bagi kami, pertanyaan itu menjadi sesuatu yang penting. Menjadi indikator, bahwa kanal73 menggugah rasa ingin tahu pembaca.

Kami tidak langsung menjawab pertanyaan itu. Menurut kami, tidak produktif. Kecenderungan "diskusi warung kopi" biasanya lebih menonjolkan keinginan untuk menang sendiri. Perdebatan yang elegan, justeru, tidak menghabiskan energi untuk membicarakan casing, tapi isi.

Makanya, penjelasan tentang kanal73, akan lebih terasa pas kami sampaikan di ruangan ini.

Kanal73. Ya. Akhirnya kami menemukan kata ini. Kami memilihnya. Bismillah. Lalu, kami menabalkannya sebagai nama media.

Kenapa kami menyebut “ditemukan”. Memang ditemukan. Karena, untuk mendapatkan sebuah nama, kami telah melewati sebuah proses pencarian yang cukup lama.

Kanal, sebuah kata yang sederhana. Mudah diingat.

Secara semantik, Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikannya sebagai terusan atau saluran.

Di sini pun, kami mempersepsikannya dengan cara pandang yang sama. Kanal adalah saluran. Sebuah media informasi.

Kemudian, kami menambahkan angka 73 di belakangnya. Angka ini pasti menyisakan pertanyaan di kalangan Pembaca. Mungkin ada yang mengira kalau angka itu sebagai tahun lahir. Bisa juga muncul dugaan-dugaan lainnya.

Biarlah angka itu menjadi sebuah pertanyaan yang tersisa. Ia akan terungkap, nanti, pada suatu ketika. Yang terpenting sekarang, kami, seluruh jajaran Redaksi, ingin kembali pada hakikat kehadiran media ini sebagai saluran informasi.

Sejatinya kanal, wadah, ia akan selalu menjadi katalisator informasi; mengantarkannya kepada pembaca. Informasi yang terus mengalir, yang segar, berguna, dan menjawab kebutuhan massa.

Kami bertekad menghadirkan kanal73 sebagai saluran informasi yang berkualitas, ringan, dan tidak mengeryitkan kening pembaca. 

***

Hmmmm. Ternyata, tidak gampang mendapatkan sebuah nama yang pas, yang cocok, yang bisa mewakili eksistensi sebuah media.

Karena, yang dicari bukan sebatas sebuah kata. Nama yang akan disematkan harus selaras dengan misi; menjawab aspirasi pembaca. Pertimbangannya harus benar-benar komprehensif. Harus menjawab itu semua.

Menurut kami, kanal73 sudah memenuhi kriteria tersebut.

Yang lebih utama, nama haruslah menghadirkan kenyamanan, bisa dinikmati. Sebab, setelah media ini hadir di tengah-tengah ruang publik, kanal (kanal73) tidak lagi bersemayam di dalam kamus. Ia hadir di tengah-tengah pembaca.

Kanal73 telah menjelma menjadi sebuah media yang selalu dicari. Kanal73, kini, ada di hati para pembaca.

Di situlah, menurut kami, pentingnya sebuah nama yang sederhana. Karena setiap saat, dia akan disapa.

Tidak cuma sekedar meramaikan jagad media siber. Kanal73 hadir dengan sebuah konsep berbeda; ingin memosisikan pembaca sebagai pemilik informasi, bukan sebagai obyek berita.

Karena itu, kanal73 menyediakan ruang untuk interaksi lewat rubrik “BERBAGI INFO”. Di sana, semua bisa jadi "wartawan".

Dengan platform sebagai media interaktif, kehadiran kanal73 diharapkan dapat menjembatani kebutuhan informasi publik. Kami menerima berbagai informasi yang disampaikan, baik yang memenuhi kriteria sebagai news, artikel, bahkan foto atau video, sepanjang naskah atau dokumen tersebut menjunjung tinggi nilai kesopanan dan moral.

Naskah yang memenuhi kriteria sebagaimana disebutkan tadi, akan ditayangkan di rubrik yang relevan. Bagi naskah yang dibaca oleh lebih 1.000 views pada hari pertama tayang, yang dimuat di rubrik apapun, mendapat imbalan dari Redaksi.

Selamat bergabung !