Breaking News

Pemerintah Aceh Salurkan Peserta Magang SMK ke Perusahaan di Jabodetabek

Pemerintah Aceh Salurkan Peserta Magang SMK ke Perusahaan di Jabodetabek

JAKARTA – Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Aceh sehingga memiliki daya saing di dunia kerja, Pemerintah Aceh menjalin kerja sama dengan perusahaan luar. Naskah kerja sama itu ditandatangani Pemerintah Aceh, Rabu (7/8/2019) di Jakarta.

Kerja sama diakukan antara SMK Negeri 1 Darul Kamal, Aceh Besar, dengan PT. Cakradonya Pundi Nusa Jakarta. Perusahaan ini bergerak dalam bidang perikanan.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kepala Kantor Penghubung Jakarta mewakili Pemerintah Aceh dan PT Cakradonya Pundi Nusa. “Tujuannya adalah menghubungkan dan mengkoordinasikan anak-anak muda Aceh atau peserta didik SMKN 1 Darul Kamal untuk magang di industri-industri di wilayah Jabodetabek," ujar Almuniza Kamal, S.TTP, M.Si,kepala Kantor Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta , Rabu (7/8/2019).

Dengan adanya kerja sama ini, kata Almuniza, ke depannya peserta didik dari SMKN 1 Darul Kamal tidak perlu lagi bergerak sendiri untuk mendapatkan tempat magang. Pemerintah Aceh melalui kantor perwakilan di Jakarta sudah membantu mendpatkan tempat magang yang sesuai dengan ilmunya masing-masing. 

Almuniza menjelaskan, untuk tahap awal, ia telah meminta peserta didik dari SMKN 1 Darul Kamal untuk menjadi peserta magang di salah satu perusahaan cold storage di Jabodetabek, tepatnya di Muara Angke. Peserta magang ini dididik untuk mengetahui cara-cara pengoperasian cold storage dan sebagainya. "Setelah mengetahui caranya dan masa magang selesai, peserta akan kembali ke Aceh dan bekerja di perusahaan-perusahaan yang mengelola cold storage di Aceh," ujarnya.

Manajemen Mutu SMKN 1 Darul Kamal, diwakili Tisna Sumarna, ST menjelaskan, ide magang awalnya tercetus setelah melihat peserta didik di SMKN 1 Darul Kamal bergerak sendiri-sendiri.  Dari sana, muncullah keinginan untuk membantu mencari tempat magang bagi siswa agar. "Oleh karena itu, kita lakukanlah kerja sama dengan Kantor Perwakilan Aceh untuk PKL di luar provinsi Aceh," jelas dia.

Tisna berharap, dengan adanya kerjasama ini, peserta didik akan lebih terarah dan setelah megang dapat berkontribusi untuk kemajuan Aceh. "Kita persiapakan anak didik mulai dari kelas 3 dan kelas 2 di semua jurusan mulai dari jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor, Teknik Jaringan Akses, Tata Usaha, Tenaga Instalasi Listrik, Teknik Las, dan Mesin Industri," jelasnya.

Direktur Utama PT. Cakradonya Pundi Nusa, Willy Alegra Sampoerna menyambut baik kerja sama dengan SMKN 1 Darul Kamal.  "Kita siap menerima peserta magang kapanpun. Tentunya ini peluang baik bagi generasi Aceh untuk belajar tanpa perlu mengeluarkan biaya. Sebab sebagaimana kita ketahui, untuk mempelajari cara kinerja perusahaan cold storage ini biayanya sangat besar," jelas Willy, yang juga ketua Umum Asosiasi Bapak Angkat Indonesia (ASBAKIN).

Willy mengatakan, perusahaannya telah mempersiapkan dengan baik segala keperluan peserta magang. Nantinya, peserta magang akan diajarkan berbagai hal, mulai pengoperasian mesin cold storage, pemeliharaan, hingga pendistribusian ikan baik, untuk untuk kebutuhan ekspor maupun pasar lokal.[saifullah s]

Komentar

Loading...