Breaking News

Terkait Video Mesum

Masyarakat Simeulue Berdemo di MA, Tuntut Pencopotan Bupati Erli Hasim

Masyarakat Simeulue Berdemo di MA, Tuntut Pencopotan Bupati Erli Hasim
Sejumlah warga Simeulue melancarkan aksi demo di depan gedung MA (foto: repro)

JAKARTA –  Sejumlah warga Kabupaten Simeulue, Aceh, yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Anti Pejabat Amoral (Gempar) bersama Himpunan Masyarakat Simeulue (Himas) Jakarta dan sekitarnya melakukan unjuk rasa di depan Kantor Mahkamah Agung (MA) Jakarta, Selasa (13/8/2019) siang. Mereka menutut pencopotan Bupati Erli Hasim.

Aksi itu merupakan rangkaian protes massa terhadap Bupati Simeulue Erli Hasim yang diduga terlibat skandal video mesra dengan seorang wanita. Gelombang unjuk rasa sebelumnya juga pernah berlangsung di Sinabang, ibu kota Kabupaten Simuelue.

Meski Erli Hasim mengklaim wanita dalam video itu isterinya, tapi sebagian besar publik Simeulue tidak percaya. Karena itu, Gempar menuntut Mahkamah Agung (MA) segera mengeluarkan fatwa pencopotan Bupati Erli Hasyim karena dinilai telah berbuat mesum.

Para pendemo menilai, prilaku Erli Hasim telah mencoreng nama daerah. Tidak hanya dicopot, para pendemo juga meminta agar Bupati Simeulue itu dihukum cambuk. “Kami menuntut MA segera mengeluarkan fatwa pencopotan Bupati Simelue Erli Hasyim,” kata Koordnator Aksi, Ir Denvinal, dalam aksinya di depan kantor MA.

Ia menyayangkan prilaku yang ditunjukkan Erli Hasim dalam tayangan video. Sebab, selain menjabat sebagai bupati, tapi juga ketua Partai Bulan Bintang (PBB) sebagai partai Islam dan juga pernah menjabat ketua PP Muhammadiyah.

Tidak hanya kepada MA, massa juga menuntut Dinas Syariat Islam Kabupaten Simeulue dan Provinsi Aceh untuk segera mengambil sikap guna menerapkan hukum sesuai Syariat Islam yang berlaku terhadap Erli Hasyim. Mereka juga meminta aparat penegak hukum agar segera mengambil langkah atas kasus Erli Hasim sehingga tidak terjadi keresahan di tengah masyarakat Simeulue.[*]

Komentar

Loading...