Breaking News

Indonesia Melenggang ke Semifinal, Kalahkan Laos 2-1

Indonesia Melenggang ke Semifinal, Kalahkan Laos 2-1

VIETNAM –  Timnas Indonesia dipastikan melaju ke babak semifinal Piala AFF U-18 2019 setelah mengalahkan Laos 2-1 dalam lanjutan fase Grup A di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh City, Vietnam, Senin (12/8/2019) sore.

Kepastian itu ditentukan berkat tambahan tiga angka yang diraih pasukan Fakhri Husaini di  Ho Chi Minh, sekaligus mempertegas posisi mereka sebagai pimpinan Grup A.

Meski masih menyisakan satu laga melawan Myanmar, Rabu (14/8/2019), Indonesia sudah dipastikan tidak akan tergeser dari posisi dua teratas, batas lolos ke babak semifinal.

Pasalnya, Indonesia sudah tidak mungkin digusur oleh Timor Leste yang kini menempati posisi ketiga dengan enam poin dari empat laga. Timor Leste tertinggal enam angka dari Indonesia yang mengoleksi 12 poin.

Sedangkan Laos lengser ke posisi keempat dengan enam poin. Mereka kalah produktivitas gol dari Timor Leste yang hingga berita ini diturunkan sudah unggul 3-1 atas Filipina pada laga lainnya di hari yang sama.

Meski demikian, Indonesia tentu ingin melenggang ke semifinal dengan hasil yang meyakinkan. Syaratnya, mereka harus bisa mengalahkan Myanmar pada laga pamungkas nanti demi mengemban status sebagai juara Grup A.

Apalagi, Garuda Nusantara sempat dikejutkan oleh Laos sebelum akhirnya bisa membalikkan keadaan dan memastikan kemenangan. Meski sempat menyulitkan Timnas Indonesia di awal-awal laga, pasukan Garuda Nusantara beberapa kali mampu memberikan ancaman kepada Laos sepanjang babak pertama.

Namun sulitnya menjebol gawang Laos, kawalan Solasak Thilavong, memaksa Fakhri melakukan pergantian pemain di menit ke-36.

Braif Fatari ditarik keluar untuk memainkan Beckham Putra. Hasilnya, Indonesia semakin mampu tampil lebih menyerang di lima menit penghujung babak pertama. Sayang, usaha tersebut tidak juga membuahkan gol sehingga skor imbang tanpa gol, bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, gol yang ngotot meraih tiga poin demi menjaga peluang lolos ke babak semifinal, akhirnya mampu mencetak gol pada menit ke-69, lewat aksi  Alounnay Lounlasy, seraya mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol, Indonesia langsung merespon, dua menit berselang. Adalah Bagus Kafi yang sukses menjebol gawang Thilavong, sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Selanjutnya, aksi-jual beli serangan yang diperagakan oleh kedua tim, hanya sekadar menghasilkan peluang tanpa gol hingga memasuki menit ke-90.

Sampai akhirnya sebuah aksi bunuh diri  Akkhom Thoranin di masa injury, membawa Indonesia berbalik unggul 2-1. Tertinggal satu gol di masa injury, membuat Loas kian tidak berdaya untuk bisa mengejar ketinggalan. Skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang, tanda berakhirnya pertandingan.[*]

Komentar

Loading...