Breaking News

Hujan Deras Landa Mina, Tenda Jamaah Haji Aman  

Hujan Deras Landa Mina, Tenda Jamaah Haji Aman  
Kondisi ruas jalan di Mina, Selasa (13/8/2019). Foto.: repro

MEKKAH – Di Tanah Air sempat beredar kabar yang mengkhawatirkan tentang kondisi jamaah haji di Mina, Arab Saudi. Ada yang menyebut Mina dilanda banjir besar yang menyulitkan para jamaah melaksanakan ibadah.

Seorang jamaah asal Surabaya menyampaikan klarifikasi kepada keluarganya perihal informasi tersebut lewat group WA keluarga. Jamaah ini menjelaskan, sebenarnya tidak ada kejadian yang mengkhawatirkan sebagaimana dilansir sebuah website. Dia mengakui, Mina memang dilanda hujan, tapi tidak sampai menyebabkan banjir.

Informasi yang berhasil dihimpun media ini menyebutkan, hujan deras sempat mengguyur kawasan Mina, Makkah, Senin (12/8/2019) pukul 15.30 sore. Hanya saja, sebut seorang jamaah, karena kondisi roil yang kurang memadai, menyebabkan terjadi genangan di sana-sini.

Kepala Satuan Operasional (Kasatops) Arafah-Muzdalifah-Mina (Armuzna), Jaetul Muchlis, memastikan kondisi di tenda jemaah haji Indonesia saat ini aman terkendali. “Petugas siaga di pos masing-masing untuk memastikan kondisi aman dan layanan kepada jemaah berjalan sebagaimana biasanya,” tegas Jaetul Muchlis di Mina seperti dilansir laman Kemenag.

Saat ini, hujan sudah mulai reda. Pergerakan jemaah haji dari berbagai negara, termasuk Indonesia, dari tenda Mina ke tempat lontar jumrah (Jamarat) atau sebaliknya juga berjalan normal. Ribuan jemaah memanfaatkan payung untuk melindungi diri saat hujan.

Menurut Muchlis, listrik yang sempat padam juga sudah diperbaiki hingga menyala kembali. “Layanan katering di dapur tetap berjalan. Petugas haji terus memantau agar distribusi makan malam untuk jemaah berjalan normal,” ujarnya.[*]

Komentar

Loading...