Breaking News

Bayar Kompensasi Masyarakat,  PLN akan Potong Gaji 40.000 Karyawannya

Bayar Kompensasi Masyarakat,  PLN akan Potong Gaji 40.000 Karyawannya
PLN

JAKARTA –  Untuk membayar kompensasi kepada masyarakat yang terkena dampak pemadaman listrik pada 4-5 Agustus, Direksi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan memotong gaji 40.000 karyawannya. Total ganti rugi itu diperkirakan mencapai Rp 839 miliar.

Direktur Pengadaan Strategis 2 Djoko Rahardjo Abumanan mengatakan gaji dipotong dari bonus karyawan. Beban ini, katanya, akan dikompensasi dengan cara memotong gaji karyawan PLN sebanyak 40.000 orang.

Kata Djoko, sebetulnya istilah yang lebih tepat bukan potong gaji. “Karena di PLN itu ada yang namanya merit order, kalau kerja tidak bagus potong gaji,” katanya di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Dijelaskannya, PLN tak memiliki sumber dana untuk membayar kompensasi, selain dari memotong gaji karyawan. PLN juga tidak bisa  menggunakan dana Penanaman Modal Negara (PMN) 2019 sebesar Rp 6,5 triliun dari pemerintah. Apalagi menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

 “Dana PMN dan APBN tersebut hanya dapat digunakan untuk investasi dan biaya operasional. PMN itu untuk investasi pembangunan, tidak boleh (bayar kompensasi), apalagi APBN,” ungkap Djoko.[*]

Komentar

Loading...